Ads 468x60px

CARA DAFTAR SBMPTN 2013

Cara Daftar SBMPTN 2013. Ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2013 akan segera dilaksanakan. Jika tidak ada perubahan dari pihak Panitia SBMPTN 2013, Ujian SBMPTN ini akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Bulan Juni 2013. Nah, Sebelum pelaksanaan ujian tentunya peserta harus membayar uang pendaftaran ke Bank yang ditunjuk terlebih dahulu (kalau SNMPTN biasanya Bank Mandiri). Untuk Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah pada SNMPTN Jalur Tulis terdahulu. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan Biaya Pembayaran ke Bank Mandiri (Biaya IPA (Saintek) = RP 175.000, IPS (Soshum) = RP 175.000, IPC (Campuran) = RP 200.000)
  2. Melakukan Pengisian Data Ke Warnet ( Warung Internet) atau melalui modem, disarankan memiliki kecepatan akses yang tinggi agar pengisian data tidak terganggu.
  3. Mencetak (mengeprint) Kartu Ujian SBMPTN 
  4. Membawa Kartu Ujian sewaktu Ujian SBMPTN
Itulah ringkasan pelaksanaan cara pendaftaran SBMPTN 2013. Nah, buat adik-adik tamatan 2011, 2012, dan 2013 yang memilih jalur SBMPTN 2013, persiapkan diri anda dengan rajin-rajin membahas soal-soal SNMPTN tahun yang sudah-sudah, karena soal SBMPTN ini juga sama bentuk dan kesulitan dengan ujian SNMPTN jalur Tulis. 

Selain itu, jika adik-adik ingin memiliki SOAL PREDIKSI SBMPTN 2013 Kemampuan IPA, IPS, dan IPC beserta pembahasan lengkapnya, adik-adik bisa KLIK DISINI!. Soal ini dibuat dengan harapan adik-adik bisa lulus di PTN Favorit seperti UI, USU, UGM, ITB, IPB, UNNES, UNPAD, UPI, UNIMED, UNSYIAH, UB, UNRI, dan PTN lainnya, Amin. Nah, buat adik-adik yang akan mengikuti SBMPTN 2013 Tetap kunjungi blog ini untuk informasi terbaru.

247 komentar:

  1. @11daraayuwulandari: Sama-sama :)

    BalasHapus
  2. maksudnya biaya menjadi beban peserta pada sbmptn apa ya ?

    BalasHapus
  3. @Chemmicha: maksudnya biaya pendaftaran ujian sbmptn 2013 nya adik yang tanggung alias tidak gratis atau dibiayai oleh pemerintah dik.

    Untuk Saintek (IPA) Biayanya Rp. 175.000
    Untuk Soshum (IPS) Biayanya Rp. 175.000
    Untuk Campuran (IPC) Biayanya Rp. 200.000

    Untuk Ujian Keterampilan Rp. 150.000

    Semoga membantu dik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana tata cara bayar di bank nya min?

      Hapus
    2. ujian keterampilan maksudnya gmna...?

      Hapus
  4. makasih min
    pengen minta tolong satu

    tolong dong min
    di repost porsi masuk ptn dari jalur seleksi bersama

    BalasHapus
  5. @ayub manalu: Adik bisa lihat dibagian Daya Tampung PTN dik, disana sudah ada posi PTN masing-masing untuk Jalur SBMPTN ini dik.

    @nopphiie ariiyantiie: Sama-sama dik :)

    BalasHapus
  6. @admin pengisian data gimana maksudnya?
    formulirnya bisa didapat dimana?

    BalasHapus
  7. @Odeng: Silahkan adik Klik DISINI dik,..

    Nah, setelah melakukan pengisian data nantinya, maka adik akan mengeprint kartu ujiannya.

    Sebelum pengisian data tentunya adik harus membayar uang pendaftaran Ujian SBMPTN dulu ke Cabang Bank Mandiri untuk memperoleh KAP dan PIN.

    BalasHapus
  8. gmana cara daftar sbmptn kk? misalnya mau ke pt UNS, apa saya harus ke pt UNS atau online..tks

    BalasHapus
  9. @yosa wisnu: Mendaftar tidak ke PTN nya langsung dik,..
    Langkah-langkah pendaftarannya bisa adik lihat DISINI

    BalasHapus
  10. itu masih pake standar passinggrade min ?

    BalasHapus
  11. Kalau biaya untuk IPC itu maksudnya apa min?

    BalasHapus
  12. @Riandri: Tidak dik,..
    @yuliza: Biaya untuk pendaftaran ujian SBMPTN IPC dik,..

    BalasHapus
  13. ujian nya nanti dilakukan dimana kk..???
    misalnya saya sekarang berada di pekanbaru, dan saya mau daftar di ptn bandung,,
    apakah saya harus pergi ke ptn bandung untuk ikut ujian tertulisnya,,??/
    terimakasih..

    BalasHapus
  14. Adik bisa ujian di Pekanbaru dik, tanpa harus ke Bandung dik. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipekanbaru, saya bisa ujian dimana kak.??

      Hapus
    2. Nanti penempatan lokasi ujiannya baru adik tahu setelah melakukan pendaftaran sbmptn secara online di ujian.sbmptn.or.id , dan mencetak kartu ujian. untuk lengkapnya adik bisa KLIK DISINI

      Hapus
    3. 0kee, kk, terimakasih pencrahannya,, :)

      Hapus
  15. Kak tata cara pembayarannya gemana ya kak ?

    BalasHapus
  16. kak bagai mana cara mengisi pin apakah garus membeli dulu? kalo garus membeli dimana?

    BalasHapus
  17. @Riri Hidayanti: Silahkan langsung datang ke Cabank Bank Mandiri terdekat di kota anda dik, mulai tanggal 10 Mei 2013. nanti akan diarahkan pihak bank.

    @candra pras: PIN dan KAP diperoleh setelah melakukan pembayaran biaya SBMPTN mulai tanggal 10 mei 2013 dik.

    BalasHapus
  18. ka' byar ke bank a saya blum faham btul ,gmna cra a ap ad rkning khusus,atw saya bilang saja mau daftar sbmptn . ?

    BalasHapus
  19. @heryza abidah: Cukup datang dan bilang mau bayar biaya sbmptn dik. untuk siap-siap adik bisa bawa foto kopi Kartu Keluarga atau tuliskan ke draft Handphone no id adik dari KK tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka' addmin di kota saya ada bank mandiri yang deket tapi mandiri syari'ah, apkah bisa juga daftar lewat bank mandiri syari'ah

      Hapus
    2. Tidak bisa lewat Bank Syariah Mandiri dik, bisanya lewat Bank Mandiri aja, kalau memang tidak ada Bank Mandiri adik bisa melakukan pembayaran melalui Kantor Pos dik.

      Hapus
    3. kak admin, setelah kita membayar biaya pendaftaran di bank mandiri dan dapet PIN..

      tutup pendaftarannya kapan?

      Hapus
  20. bagaimana dgn siswwa yg NISN blum kluar smpe skrang,,
    pha kah bsa mngkuti sbmptn tanpa NISN,,??

    BalasHapus
  21. Kalau daftar on line ngirim kemana ?

    BalasHapus
  22. @Ari Purnawan: Coba ditanyakan ke Panitia SBMPTN dik, melalui CALL Center SBMPTN.

    @Susandro Frima Sitorus : Daftar Online di ujian(dot)sbmptn(dot)or(dot)id dik.

    BalasHapus
  23. lulusan 2012 masih bisakah ikutan??

    BalasHapus
  24. @David Yunianto: Masih bisa dik.

    BalasHapus
  25. bang pendaftarannya kapan ya buat sbmptn? kemudian KAP itu didapat darimana ya? terima kasih

    BalasHapus
  26. @Hafidz Achmadi: 13 mei 2013, KAP dan PIN diperoleh setelah melakukan pembayaran biaya SBMPTN 2013 di bank Mandiri atau Kantor Pos.

    BalasHapus
  27. Kak admin, mau tanya. ..untuk lokasi tes apakah kita boleh memilih atau ditentukan? Jika ditentukan, berdasarkan apa?
    Terimakasih banyak. ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti setelah melakukan pengisian data dan pengeprinan kartu ujian, tempat ujian adik akan ada di lembar tersebut. biasanya tidak jauh dari tempat tinggal kamu.

      Hapus
  28. bayarnya gmna crany kak ? harus punya rekening sendiri atau gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik tidak harus memiliki norek sendiri dik, adik datang saja ke Bank mandiri atau Kantor pos, kemudian akan ditunjukkan caranya oleh pihak disana.

      Hapus
  29. saya ingin mengambil jurusan psikolog, mnurut admin, apakah saya harus mengambil IPS atau IPC ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik bisa mengambil IPS saja dik, karena Psikolog masuk dalam kelompok IPS

      Hapus
  30. 1. Min. . Tahun lalu saya daftar SNMPTN.. Gratis karena lewat jalur Bidikmisi...
    nah tahun ini saya mau daftarin adik.. masih ada waktu gak ya untuk ngurus bidik misi?? shingga bisa dapat Pin dan Kap grtis??

    2. terus.. kalau qt milih Soshum.. brapa pilihan yg boleh d ambil??

    3. kenapa di Slip Mandiri.. ada byk pilihan dana.. ? 175rb, 200rb, 325rb, 350rb, 475rb, 500rb, 625rb, 650rb kok byk skali utk apa?

    maaf byk prtnyaan'a.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. silahkan cek situs bidikmisinya dik
      2. 3 jurusan dik
      3. Tanyakan Call Center SBMPTN dik. situsnya www(dot)sbmptn(dot)or(dot)id

      Hapus
  31. Minn bagaimana cara membayar nya lewat bank itu?? di tujukan ke rekening nya brapa?? saya tidak mengerti min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik langsung datang Aja ke Bank Mandirinya, nanti akan diajarkan caranya dik.

      Hapus
  32. maksudnya kap sama pin di isi apa ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAP dan PIN itu kita gunakan untuk melakukan pendaftaran sbmptn dik, diperoleh setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Cabang Bank Mandiri atau Kantor Pos dik.

      KAP = Kode Akses Pendaftaran.

      Hapus
    2. oh jadi bayar dulu baru daftar ya?

      Hapus
  33. inii buat masuk ke UNNES kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat masuk ke seluruh PTN yang tergabung Pada Seleksi SBMPTN dik, jadi bukan hanya UNNES saja.

      Hapus
  34. Balasan
    1. KAP = Kode Akses Pendaftaran dik, diperoleh setelah melakukan pembayaran biaya tes sbmptn di cabank Bank Mandiri. Sekaligus mendapatkan PIN juga dik.

      Hapus
  35. Min itu daftarnya pakai nilai ujian gak kan soalnya nilai ujian saya kan belum keluar ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai dik,.. tapi nilai itu bisa di isi belakangan.

      Hapus
    2. maksudnya dibeakan gimana ya min ??
      apakah setelah daftar online selesai atau saat daftar online ??

      Hapus
  36. min mau nanya, saya lulusan 2011 masih bisa ga ikut sbmptn?
    ada perbedan ujian,pengumuman hasil ujian ga untuk angkatan 2011?

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa dik, yg bisa ikut SBMPTN itu lulusan 2011, 2012, dan 2013 dik. tidak ada perbedaan ujian atau pengumuman hasil ujian antara masing-masing lulusan untuk peserta SBMPTN.

      Hapus
  37. to all :
    aku pengen ambil sbmptn ips.. bayarnya kan 175.000 tapi gara-gara aku ngga teliti baca.. aku uda ngebayar 200.000, itu aku berarti masuk sbmptn campuran ya? atau masih bisa masuk sbmptn ips? ngga apa-apa sih aku kalo harus kelebihan uang. gimana nih? (bingung pake bgt, hehee)

    BalasHapus
  38. to all :
    aku pengen ambil sbmptn ips.. bayarnya kan 175.000 tapi gara-gara aku ngga teliti baca.. aku uda ngebayar 200.000, itu aku berarti masuk sbmptn campuran ya? atau masih bisa masuk sbmptn ips? ngga apa-apa sih aku kalo harus kelebihan uang. gimana nih? (bingung pake bgt, hehee)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik mbayarnya melalui apa ?? Langsung Ke bank atau via atm ??

      Hapus
  39. Balasan
    1. Sewaktu menulis pilihannya, adik pilih IPS atau IPC ?? Kalau memang IPC sudah tidak bisa dirubah lagi dik. untuk lebih jelasnya coba hubungi pihak Bank, atau coba dahulu melakukan pendaftaran secara online.

      Hapus
  40. kan kalo mau login daftar online harus dapet pin. pinnya dibeli dibank. aku uda beli. itu dibank langsung bayar, ngga ada pilihan mau masuk ipa, ips atau campuran. ini aku uda dapet pin seharga 200.000. 200.000 kan harganya campuran sedangkan aku pengen ips yang harusnya bayar 175.000. aku kelebihan gara gara pikiran nyabang jadi ngga konsen. dan sampai sekarang aku belom login daftar online nih. takuuuuutttt huhuuuuu

    pertanyaanku.. aku uda bayar 200.000 berarti uda pasti masuk kekategori campuran / mungkin bisa dirubah pas aku nanti daftar online dengan milih jurusan ips aja?

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  42. Balasan
    1. Biaya tersebut memang sudah untuk IPC dik, jadi tidak bisa dirubah lagi, namun demikian coba adik tanyakan pihak bank dulu. atau hubungi Call Center SBMPTN di: 0804-1-456-456

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  44. ngga bisa dihubungin.. huhuuuuuu :(

    BalasHapus
  45. iya emang biaya kategori ipc, cuma itu bisa ngga kalo aku daftar onlinenya milih SBMPTN ips? jadi aku ngga masalahin biayanya. yang tak permasalahin, bisa ngga dengan biaya itu aku daftar ips? boleh ngga? kan aku juga belom login daftar SBMPTN, baru bayar dan dapat pin. kalo memang aku dengan pembayaran itu sudah langsung dianggap kategori ipc, aku tak ngambil langkah selanjutnya milih campuran. cuma kalo masih bisa bebas pilih ips / ipa, aku bakal pilih ips. gituuuu biar aku ngga salah jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama nih pengalamannya, aku jg gitu

      Hapus
    2. bisaa kok ambil yang ips aja. aku juga gitu pengen ips tapi di daftarnya ipc. di web sbmptn ada keterangan "boleh memilih soshum saja atau saintek saja " jadi boleh klo ips semua :)

      Hapus
  46. kan ada 3 PIPIHAN PTN kan..kalo yang dua itu satu wilayah trus yang satu beda wilayah bisa nggak
    CONTOH: 1 UNIVERSTIAS NEGRI SURABAYA
    2 UNAIR
    3 UGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bole dk,. tapi salah satu PTN nya harus berada di Wilayah Domilisi adik.

      Hapus
    2. kan saya di jatim ......otomatis saya di wilayah 3........so salah satu PTN nya harus di jatim yang laen terserah kan......

      Hapus
  47. maksudnya data pilihan itu gmna.??
    kan ada pilihan 1-3,
    nah itu 3 universitas yg akan kita coba testing.??
    apa bayarnya cm skali untuk ke 3 universitas yg ingin kita coba.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Data itu maksudnya, pengisian identitas sewaktu pendaftaran online dik.
      2. tesnya cuma sekali saja dik, tapi pilihannya boleh 3 PTN sekaligus
      3. Pembayaran cuma sekali saja ya dik, untuk saintek dan soshum Rp 175 ribu, dan Campuran = 200 ribu dik.

      Hapus
  48. Kakak mau nanya, saya peserta SNMPTN 2013, terus saya ingin ikutan SBMPTN 2013 lagi. Bagaimana tata cara pembayarannya?
    Lalu apakah KAP itu yg saya pake kemarin buat daftar SNMPTN? tolong pencerahanya KAP itu yg bagian mana nya? Thanks sebelumnya :)

    BalasHapus
  49. tapi kok nggak ada kolom buat "cetak" habis ngisi borang, klik ok, habis itu udah. kok nggak ada pilihan buat cetak siihh??

    BalasHapus
  50. nomor rekening yang harus dikirim berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh pihak bank mandiri saat anda meakukan trnsaksi untuk pembelian pin.. #mbantuin admin :)

      Hapus
  51. mau masuk smbptn klo dah dpet id dri bank
    dah mngisi data d pc
    dah cetak kartu
    trus ujiannya dmna min....?

    BalasHapus
  52. kak, saya pendaftar bidik misi.. dan sudah dapet KAP dan PIN dari bidikmisi,, apakah saya harus membayar uang pendaftaran di bank mandiri juga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya jga anak Bidik Misi, salam.... gak kok dek, pin dan KAP yg kamu dapat lsg bisa dipakai.... jalur bidikmisi meringankan semua biaya kok... #mbantuin admin :)

      Hapus
  53. kak,saya mau nanya saat daftar online harus memberikan scan-nan skhun atau cuma isi identitas ka ?

    BalasHapus
  54. kalo seharusnya kita bayar 175.000 (ips) tapi kita salah membayar 200.000 (ipc) itu bagaimana ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saran saya lebih baik anda membeli pin baru di bank apabila call center tidak dapat dihubungi dek... #mbantuin admin :)

      Hapus
  55. kak,aku punya prestasi juara 1 dan favorit nasional animasi yang diselenggarakan oleh dekdikbud di jogja tahun 2012. apakah aku bisa masuk jalur prestasi atau harus tetap ikut test SBMPTN? mohon arahannya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. adek bisa ikut jalur prestasi kok, cb adek tanyakan ke guru BK... salut ya untuk prestasinya, semoga bisa sukses dan diterima dek :) #mbantuin admin :)

      Hapus
  56. Saya sudah lihat .PDF yang ada di situs SBMPTN mengenai cara pembayaran seleksi masuk, lalu disitu terdapar lima katagori, bisa jelaskan maksud dari kelima katagori tersebut?

    BalasHapus
  57. maaf kak saya mau nnya . kan saya sudah beli formulir ipc nah 1 formulir itu buat milih berapa univ dan 1 univ itu bisa milih berapa jurusan? makasih kak

    BalasHapus
  58. kaka aku mau ingin tau format penulisan di slip pembayaran untuk SBMPTN seperti apa. saya mengalami kesulitan saat ingin membayar. terima kasih

    BalasHapus
  59. saya kan jurusan ipa klau semisal saya tesnya ambil jurusan ips saya ikut yang campuran kah ? itu campuran ambil brp jurusan ? boleh ipa sama ips kah ? maksudnya campuran itu gmana sih ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. adek boleh lsg ambil jurusan ips kalau adek merasa mampu... tapi bila kesulitan memang disarankan untuk mengambil IPC, karena bila adek kesulitan di soal IPS maka adek masih bisa terbantu dari nilai soal IPA yang adek bisa.... IPC itu nanti ujiannya soal IPA dan IPS... #mbantuin admin :)

      Hapus
  60. yang ikut BIDIKMISI bagaimana nih ??
    mau milih di SBMPTN PTN UIN kok gak ada yahh ???
    apa harus ke UIN langsung daftarnya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalo nggak bidikmisi ada ya pilihannya?

      Hapus
  61. assalamu'alaikum Admin saya kan dapet PIN KAP dari BidikMisi,dan ternyata masih valid,jadi apakh sy termsuk daftar tanpa biaya? NUHUN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaap benar dek,, untuk semua jalur bidikmisi tidak ada biaya sama sekali yang harus dikeluarkan untuk pendaftaran... #mbantuin admin :)

      Hapus
  62. Admin: bisa gak soal-soalnya gak mesti saya beli, masukin dulu data soal yang bisa didowload ya bos...

    BalasHapus
  63. Ass,,
    Ka,,apakah soal soal antara wilayahnya sama smua tapi di acak menurut kode soal atau setiap wilayah berbeda soalnya,,,,?????
    Makasih

    BalasHapus
  64. berarti ini harus mbayar dulu ya

    BalasHapus
  65. mas aku khan di Pekanbaru,,ingin ikut sbmptn di SUMBAR,,low ngambil pin nya di bank Pekanbaru bisa kagak,,tapi ujian nya ntar di sumbar,,,

    BalasHapus
  66. wuih ini adminnya sabar bener... salut min.... min ak ikutan tanya yah, kakakku angktn 2012 mw dftr SBMPTN, nah untuk tempat tesnya itu gmana min? kakak aku itu memungkinkan dpt tmpt nginap sodara cma di smrang... kalo kita milih lsg kota smrg gtu bs gk min? atau emang sudah ditentukan pusat? makasih mmin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau aku hasil korek-korek sana sini :D

      jika memilih universitas di kota semarang (contohnya)...

      tapi kamu berada di bandung..tidak perlu ke semarang nanti testnya akan di adakan di bandung./...

      Hapus
    2. tapi kakak saya di kota kecil mas, di Tegal... apakah nanti testnya jg di tegal? soalnya waktu tahun kemarin saya dftar gk ada test di kota tegal mas... :)

      Hapus
  67. mau nanya nih
    kalo pilihan univ 1, 2, 3 nya boleh sama apa enggak?

    mkasih :)

    BalasHapus
  68. min mau tanya, kalo urutan prodi yang saya pilih salah gimana min? soalnya pilihan 1 saya milih manajemen unsri, 2. manajemen unila, 3. akuntansi unsri. klo udah terlanjur di cetak gimana min? apakah harus mendaftar ulang?
    mohon di bls, trimakasih :)

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum min sya butuh pencerahan. sya ini angkatan 2011 SMA N kuala tungkal provinsi jambi, dan sekarang sya sdh menjalani kuliah krg lebih satu stgh tahun di slh satu STIKES kebidanan swasta di sumbar, sekarang ini saya rencana berminat mngikuti SBMPTN 2013 dan mengambil di jurusan fakultas kedokteran di UNAND atau USU, tp saya bingung. pertanyaan saya:
    1.diamana saya harus mndaftarkan diri? di kota asal saya atau boleh disumbar?
    2.untuk fakultas kedokteran, jalur pilihan apa yg harus sya pilih, IPA, IPS, atau IPC ?
    3.persyaratan lengkap apa yg harus sya prsiapkan?
    mohon balasan untuk pengarahan nya min. Trimakasih :D

    BalasHapus
  70. maksud nya ipa ips ipc itu apa ya min ..???
    ipc itu maksud nya untuk yg lulusan smk atau gmana ..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jalur IPA maksudnya adlah soal2 tes yg diajukan adalah soal IPA dan dimksudkan untuk pemilihan di jurusan yg berhubungan dengan IPA (misal : kedokteran, teknik, dll), kalu IPS ya soal2 tesnya IPS dan untuk jurusan yg berhubungan IPS (misal : akutansi, sastra, dll), kalau IPC itu soal tes yg diajukan adalah IPA n IPS dan dimaksudkan supaya yg anak IPA bisa mengambil jurusan IPS dan sebaliknya, walaupun bisa mengambil tes langsung di jalur tes yg diinginkan... #mbantuin admin :)

      Hapus
    2. oowhh ..
      tau gitu kmrn aku pilih ips ya ..
      uda k lanjur bayar 200 rb ^^
      tapi soal ujian nya kan berbeda kan? antara ipa ips dan ipc ..???

      Hapus
  71. kakak, waktu kita daftar sbmptn itu ada persyaratan harus scan surat2 gtu gak? trims :)

    BalasHapus
  72. kak, kalau belum mengeprint kartu tanda bukti pendaftaran itu belum dikatakan sudah mendaftar kah?

    BalasHapus
  73. kak di bank mandiri tu harus ngisi formulir ea???

    BalasHapus
  74. kak kalau sbmptn jalur bidik misi apa harus membayar uang pendaftaran lagki..?

    BalasHapus
  75. kak apa bedanya KAP yang di snmptn sama KAP yang dikasih oleh teller mandiri? untuk mengikuti sbmptn saya harus pakai KAP yang mana? terima kasih

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum min sya butuh pencerahan. sya ini angkatan 2011 SMA N kuala tungkal provinsi jambi, dan sekarang sya sdh menjalani kuliah krg lebih satu stgh tahun di slh satu STIKES kebidanan swasta di sumbar, sekarang ini saya rencana berminat mngikuti SBMPTN 2013 dan mengambil di jurusan fakultas kedokteran di UNAND atau USU, tp saya bingung. pertanyaan saya:
    1.diamana saya harus mndaftarkan diri? di kota asal saya atau boleh disumbar?
    2.untuk fakultas kedokteran, jalur pilihan apa yg harus sya pilih, IPA, IPS, atau IPC ?
    3.persyaratan lengkap apa yg harus sya prsiapkan?
    mohon balasan untuk pengarahan nya min. Trimakasih

    BalasHapus
  77. min daftar online kyk mn sih ,,,
    bikin aku bingung ,,,
    ksih tau dong min ,,,
    agar aku dpt mendaftar ...

    BalasHapus
  78. lalu apa link untuk mendaftar online nya min?

    BalasHapus
  79. mas admin, tempat tes untuk daerah lamongan dimana ?

    BalasHapus
  80. admin,aku ikut bidik misi tapi bingung mau dapet KAP sama PIN sbmptn dari mana ?

    BalasHapus
  81. Cara ikut bidik misi lewat jalur SBMPTN gimana ?

    BalasHapus
  82. Admin, kalau mau bayar sbmptn-nya lewat atm bisa malam? :)

    BalasHapus
  83. kak, bedanya kalo pilih ipc sama ipa itu apa ? maksudnya misalkan apa sama apa pilihan prodinya gitu kak ?

    BalasHapus
  84. kak, misalkan akukan anak ips tapi aku mau ambil fakultas yg brhubungan sama ipa. itu berarti aku ambilnya ipa atau ipc kak ? soalnya aku gak ngerti bedanya buat ambil ipa sama ipc itu apa ? terus juga akunya sekolah ambil jurusan ips jadi gak ngerti apa - apa tentang ipa. nah itu aku ambilnya soal ipa atau ipc kak ? "tlong bales ya kak :)"

    BalasHapus
  85. Tempat test nya itu dmna yah nanti? Sesuai domisili? Thank youuu

    BalasHapus
  86. kan minimal pilih 3 univ nah apa harus sama jurusannya dlm beda univ atao boleh beda2 jurusannya min ?????? :))

    BalasHapus
  87. @ADMIN : itu masih dibuka lagi gak pendftranya???
    dah jelas bakal masuk gak ke ptn yg diinginkan???

    BalasHapus
  88. kak numpang tanya.. ini sbmptn bisa pilih 3 universitas yg berbeda ato engga?

    BalasHapus
  89. Daftar terakhir nya kapan ya kak?
    makasih

    BalasHapus
  90. mau tanya, bagi peserta bidikmisi yang tidak lulus snmptn dan ingin ikut seleksi sbmptn kan harus memilih seleksi sbmptn di laman bidikmisi nya. nah setelah dipilih tetapi KAP dan PIN nya tidak muncul, itu bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok nasib kita sama yah zenal? aku peserta bidik misi cm kap dan pin SBMPTN nya kosong. mohon penjelasannya om admin :)

      Hapus
    2. Q jg sama nggak bisa keluar Kap and pinny

      Hapus
  91. Kak kalau pendaftar bidik misi mendaftar sbmptn gmana ?tarif Pendaftaranya

    BalasHapus
  92. min mau nanya tata cara transaksi di bank gimana ya agar ga salah?

    BalasHapus
  93. ayo min tolong bantuannys :D

    BalasHapus
  94. min klo mau daftar bayar dlu gtu? trus baru daftar online?

    BalasHapus
  95. halo..
    kak, nanti dapat kartu ujiannya darimana? dikasih.. atau harus buat sendiri?

    BalasHapus
  96. kak, min aku mau nanya ! kalau aku anak IPA bisa gak ngambil ujian sbmptn'a jurusan IPS ?

    BalasHapus
  97. kak,, kmren saya beli PIN sbmptn IPC
    tapii saya salah beli,, dan saya mau nuker sama pin IPS bisa gak..?
    atau di beli yg baru lagi.?

    BalasHapus
  98. kak, kita bisa daftar di brapa univ ?
    trus brapa prodi ?

    BalasHapus
  99. Kak, misal mendaftar di Univ. Airlangga dan univ. Mataram. Apakah testnya bisa di Mataram saja?
    Terima kasih

    BalasHapus
  100. nilai rata2 UN ngaruh ga buat sbmptn min?

    BalasHapus
  101. gua udah daftar nih udah dapet kartu tinggal cetak , eh pas lihat snmptn keterima kalo mau cancel sbmptn gimana ya? apakah dengan ketidakhadiran pada saat pelaksanaan sbmptn sudah dinyatakan tidak mengikuti sbmptn? mohon info

    BalasHapus
  102. Batas akhir pembayaran ke Bank Untuk daftarnya kapan ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya membantu (admin)
      07-juni-2013

      Hapus
  103. katanya , kalo udah daftar bidikmisi ga usah bayar biaya pendaftaran ??
    gimana sih ,, bngung gw

    BalasHapus
  104. kalo pilih 2 fakultas di satu universitas, gimana ???

    BalasHapus
  105. Saya mau tanya, jika ikut SBMPTN dan memilih lebih dari 1 universitas apakah untuk tes nya di satu tempat dan di hari yang sama atau gimana ya? mohon info nya

    BalasHapus
  106. saya udah daftar,tp blum dicetak.. Cara menyetaknya itu sama kyak pas daftar atau login lewat mana min?

    BalasHapus
  107. kalau ipc bisa ambil brpa plihannya?

    BalasHapus
  108. ADMIN,,,
    SYARAT DAFTAR SBMPTN apa aja ya...
    sapa aja yang bisa balas atau tau syaratnya.

    BalasHapus
  109. sudh daftar snmptn tpi tdk dtrima, terus klo mw daftar sbmptn cara memperoleh KAP nya bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita datang k bank mandiri terdekat ..
      terus d sana nanti bkalan d arah kan ..
      bilang aja mw bayar sbmptn ..
      bayar,langsung dah dpt pin n kap nya
      #membantu admin

      Hapus
  110. Min sya jurusan ips, mau mikih psikolog sama geografi(ipa), bisa tidak?

    BalasHapus
  111. kok sekarang pertanyaan-pertanyaan yang muncul dah gak ada jawaban"...

    BalasHapus
  112. untuk jurusan ilmu komunikasi yang bagus di universitas mana ya, tlg di kasitahu dong.........

    BalasHapus
  113. Kak admin, saya kan pengen ikutan sbmptn pakek bidikmisi
    itu pakek PIN nya yang mana ya?
    yang 1113... ato yang mana?
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pin yg ada di bidikmisi nya ..
      liat ajja di sini ,bca keterangan ny https://ujian.sbmptn.or.id/login.php

      Hapus
    2. form pada pendaftaran sbmptn menyediakn kolom pengisian KAP dan PIN tapi KAP di sbmptn hanya memuat 12 digit sedangkan KAP dikartu bidik misi ada 14 digit.trus PIN juga begitu, menyediakan 4 kolom pengisian yang terdiri dari 12 digit juga tapi di kartu bidik misi nomor PIN yang diberikan hanya terdiri dari 6 digit. gmn caranya ya?????????????

      Hapus
    3. maaf kakaknya sudah mengerti tentang itu belum, kalau sudah boleh saya mnta penjelasannya?

      Hapus
  114. kak, pembayaran KAP ke bank paling lambat tgl 7 ato tanggal 4 -_-a
    terus saya kan jurusan ipa. mau ambil sastra jepang. itu lebih baik ambil IPA apa IPS ya? terimakasih

    BalasHapus
  115. Oia kalo tes ipc itu ngerjain soal yg dibuat khusus buat ipc apa ngerjain soal ips dlu baru setelah itu ipa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dalam satu soal #mambantu kakak admin

      Hapus
  116. min saya mau daftar sbmptn ipa, kalo mau ngirim lewat ATM gmn? itu petunjuk di website sbmptn kok ada bayaran tambahan Rp25rb ya? apa 25rbnya ga perlu atau gmn?

    BalasHapus
  117. kalu saya udah bayar tapi lupa ngisi KAP apakah masih bisa di verifikasi lagi atau bayar lagi?

    BalasHapus
  118. min, saya ikut snmptn, kan dah ada KAP nya tu, nah terus saya ndaftar di Bank ( karena aku gak paham ) malah mbikin KAP lagi, itu gimana min ??? pliz bantuannya

    BalasHapus
  119. min, tadi saya udah ngisi borang sampai di gaji orang tua tapi belum yakin sama pilihan kemudian saya pilih kembali ke borang sebelumnya. terus skrg saya mau tutup tapi takut nanti kap dan pin ga bisa dipake buat log-in lagi. apa kap dan pin bisa dipakai buat log-in lagi di waktu lain setelah saya tutup? tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bantuannya buat temen2 yg tau. makasih

      Hapus
  120. mas bero,klo sudah bayar di bank mandiri jika sudah dapat PIN
    PIN ini dipake daftar online lagi yah

    BalasHapus
  121. maaf mau tanya,
    kan buat milih prodi itu ada 3 pilihan, kalo prodi 1 dan 2 itu PTNnya sama boleh gak?
    contoh:
    Pilihan 1 => UI(Akuntansi)
    Pilihan 2 => UI (managenent)
    Pilihan 3 => UGM (Akuntansi)

    Itu kasus yang begitu boleh gak?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  122. Mungkin aku tak bisa meneruskan ilmu program aku ke ugm.. Tapi aku tidak akan nyerah gitu saja.. Aku akan terus memperkuat ke inginan aku untuk terus mempelajari program2 dari visual foxpro9 dan akan mempelajari program SQL dgn kurs di luaran pun jadi...

    Saya berterima kasih kepada snmptn..
    Aku sadar.. Ilmu aku dalam teknologi masih kalah ama yg lulus..

    #**selalu*berpikir*positif*dan*seportivitas**#

    BalasHapus
  123. Kak..ku kan ank smk and ku mau ngambil jrusan T.msin.
    Jdi ku hrus ngambil ipa,ips, or ipc??
    Tlong pencerahan'a..

    BalasHapus
  124. ADMIN, SAYA SUDAH MENTRANSFER BIAYA PENDAFTARAN, TP BLM MENDAPATKAN PIN DAN KAP?

    BalasHapus
  125. KK saya mu tnya, untuk seleksinya dilaksanakan di PTN atau wilayah masing masing ?

    BalasHapus
  126. admin
    lulusan 2008 masih diterima gak..?

    BalasHapus
  127. admin saya boleh nanya

    KAP itu dptnya juga sama kyk pin

    tolong di jawab ya


    maksih


    BalasHapus
  128. perbedaan bayar tambahan SBMPTN & bayar awal SBMPTN itu apa ? apakah juga beda biaya ?

    BalasHapus
  129. Admid, kan ada 3 period pada saat pendaftaran, bisa gk kita ambil di 2 PTN dalam daerah yang sama?

    BalasHapus
  130. min,mau tanya dong.
    gimana mengisi SMTA saat pendaftaran SMBPTN kalo untuk siswa pindahan min?
    bingung nih -_- mohon bantuannya,terimakasih

    BalasHapus
  131. saya kemaren ikut SNMPTN 2013, terus waktu bayar di bank mandiri saya salah mengisi yang bayar awal, seharusnya kan yang bayar tambahan. terus gimana? apakah saya harus bayar lagi di bank mandiri?

    BalasHapus
  132. kak, kalo ikut yang bidik misi, tetapi gak lolos yang undangan itu pin nya ada di kartu yang mana ya?
    apa harus beli juga
    mohon dibalas

    BalasHapus
  133. min mau tanya. brrti kita bayar di bank dulu baru daftar gitu min? daftarnya ke BANK apa lewat online? tolong dijawab ya min. trimakasih

    BalasHapus
  134. Admin..
    Mau nanya nih.. Penyelenggaraan SBMTPN diadakan di kota mana saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini mBk... biasanya dikota anda... misal sya sekarang kan di bojonegoro.. tpi kota besarnya surabaya,.,.,

      Hapus
  135. Yang di masukan itu PIN yang ada pada SNMPTN atau yg ada pada print out bidik misi?
    tolonh infonya ..

    BalasHapus
  136. miin aku pake KAP snmptn di mandiri buat daftar IPS, tapi pas log in malah kedaftar CAMPURAN.aku ambil prodi IPS semua.klo aku ga ikut tes IPA boleh ga??

    BalasHapus
  137. min.. ak pngen daftar SBMPTN melalui KAP dari pendaftaran SNMPTN kog gk bisa..?? mohon dijelaskan

    BalasHapus
  138. kak admin aku mau daftar sbmptn tapi bingung. Kan aku peserta bidikmisi nah KAP sama PIN nya itu yang mana aku coba KAP yang dari bidikmisi tapi nomor nya ada 14 digit sdangkan di hal. pendaftaran sbmptn cuma 12 digit.

    BalasHapus
  139. mohon penjelasannya ya kak. terimakasih

    BalasHapus
  140. mau nanya nih yang dimaksud biaya tambahan itu apa? apa bisa untuk mengubah prodi pilihan sebelumnya?

    BalasHapus
  141. ujian keterampilan itu tergantung prodi yang kita pilih ya ?

    BalasHapus
  142. aku udah masukin ke KAP sma PIN SBMPTN tapi kenapa selalu balik ke haman utama ya..?
    mohon bantuanx..

    BalasHapus
  143. kak kalo misalnya aku pilihan 1,2,3 ku di malang tapi aku tesnya pengen di surabaya boleh ndak?kan malang dan surabaya masuk satu wilayah?

    BalasHapus